Makanan Bayi yang Sehat

Makanan Bayi yang Sehat

Makanan Bayi yang Sehat


Makanan bayi yang sehat harus menjadi prioritas bagi para bunda. Selezat apapun makanannya jika tidak sehat hanya akan berdampak buruk bagi bayi anda. Makanan yang paling sehat adalah makanan buatan bunda. Tentu karena untuk bayi tercinta maka segala prosesnya diperhatikan dengan sangat. 
Setelah 6 bulan ASI eksklusif maka makanan tambahan perlu diberikan. Pada awalnya merupakan proses adaptasi bagi bayi untuk mengkonsumsi makanan tambahan sehingga teksturnya harus lembut. Tujuannya adalah agar bayi mudah dalam mencernanya.

Moment membarikan makanan pendamping ASI ini juga bisa anda gunakan sebagai moment untuk memperkenalkan bayi pada sayuran dan buah. Karena keterlambatan dalam mengenalkan sayur dan buah akhirnya anak tumbuh dengan membenci keduanya. Hal ini disebabkan karena lidah anak terlanjur mengenal makanan selain sayur sehingga ketika diberikan sayur menjadi tidak suka. 

Bunda bisa mengkreasikan bubur pendamping ASI ini bersama dengan sayur, buah, ikan, daging ayam maupun sapi. Usahakan dalam setiap menu selalu ada sayurnya, agar anak terbiasa dan menyukai sayur. 

Berikut merupakan menu sehat untuk makanan pendamping ASI yang bisa bunda jadikan referensi.

Bubur Sayur
Nasi putih atau merah ½ gelas takar
Lima lembar daun bayam
Wortel satu jari
½  Buah pir 

Cara membuat:
Cuci bersih sayur kemudian iris tipis-tipis. Sisihkan 

Rebus nasi sampai matang menjadi bubur, saat nasi hampir matang masukkan sayur. Tunggu nasi hingga hangat sehingga bisa diterima oleh mulut bayi. Kemudian gunakan saringan untuk melumatkan bubur tadi. Kemudian untuk kuahnya atau untuk membuat bubur lebih cair maka gunakan air buah pir yang diparut terebuh dahulu.

Pada dasarnya semua menu sama cara membuatnya, hanya mengkombinasikan campuran sayur dan buahnya. Jika makanannya tidak berbau amis maka bunda bisa menggunakan air buah apel, jeruk, pir, kiwi, anggur dan lain-lain untuk kuah.  Jangan dulu menggunakan nanas karena mengandung  soda. Namun jika bunda menggunakan campuran yang berbau amis seperti ikan, daging ayam maupun sapi bisa juga udang maka untuk kuahnya, bunda bisa menggunakan kaldu dari campuran tadi.

Untuk karbohidrat bunda bisa juga menggunakan kentang. Untuk kentang akan lebih baik jika dikukus. Sayur juga harus bervariasi agar sikecil tidak bosen. Sayur seperti labu, brokoli, jagung, tomat itu akan semakin mengenalkan bayi terhadap sayur. Untuk buah secara tunggal, juga bisa diberikan yaitu buah pepaya dan pisang agar buang air besarnya lancar. 

Makanan pendamping ASI sebaiknya diberikan secara bertahap. Diawal-awal bunda bisa memberikan satu kali sehari saat usianya 6-8 bulan, untuk waktu bunda bisa memilih siang. Kemudian dua kali sehari  saat usianya 9-11 bulan yaitu siang dan sore. Baru setelah bayi siap yaitu kira-kira 12 bulan bunda bisa tiga kali sehari. Pada saat malam hari ketika perut si kecil kenyang maka akan membuat tidurnya menjadi nyenyak dan berkualitas.

Jika saat bulan-bulan awal langsung dikasih tiga kali sehari bayi akan sulit beradaptasi sehingga bisa kesulitan untuk buang air besar. Selain itu biasakan juga sejak kecil bayi untuk minum air mineral. Caranya adalah setelah makan, bunda bisa memberikan air mineral dengan menggunakan sendok. Sedikit repot memang, namun hasilnya pasti akan memuaskan. Saat ini di pasaran banyak sekali dijual makanan bayi mulai dari bahan-bahan organik sampai makanan yang modern. Namun anda harus yakin bahwa semua makanan itu masih kalah khasiat dan nutrisinya dari buatan bunda sendiri. Karena bunda membuatnya dengan cinta.

Semoga buah hati selalu tumbuh dengan sehat.  

No comments