Puasa saat Hamil, Kenapa Tidak?

Puasa saat Hamil, Kenapa Tidak?

Puasa saat Hamil, Kenapa Tidak?



Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah untuk semua umat muslim. Kehamilan juga merupakan moment sepesial. Jadi dua-duanya adalah kombinasi yang pas untuk menyempurnakan ibadah. Hamil bagi sebagian orang merupakan alasan untuk meninggalkan puasa. Pandangan ini masih dimuliki oleh orang-orang tradisional. Mereka beranggapan bahwa asupan makanan untuk ibu hamil dua kali lipat dari biasannya. Sehingga puasa hanya akan mengurangi asupan nutrisi bagi janin.
  
Namun anda jangan khawatir, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa puasa berdampak baik untuk kesehatan.  Berikut ini merupakan beberapa dampak positif puasa saat hamil bagi ibu dan juga janin,

1. Puasa akan meingkatkan iman dan taqwa 
Puasa akan meningkatkan iman dan taqwa ibu hamil. Dengan berpuasa maka akan ada kepasrahan kepada sang pencipta. Dan lagi akan semakin ikhlas dalam menjalani kehamilan. Dengan puasa saat hamil anda akan bertambah bangga bahwa kehamilan anda bertepatan dengan bulan yang penuh berkah. 

2. Berat badan janin stabil
Jangan berfikir bahwa dengan berpuasa maka berat  janin akan turun atau tidak bertambah. Dengan berpuasa maka berat badan janin akan stabil dan insyaAllah akan mempermudah anda dalam proses melahirkan kelak. Jangan khawatir bahwa apapun yang kita lakukan hari ini akan berdampak pada esok hari. Apalagi itu ibadah di bulan Ramadhan, yang jelas ganjarannya akan berlipat ganda.

3. Pendidikan sejak dini
Berpuasa saat hamil merupakan kegiatan pendidikan dini untuk janin. Dengan berpuasa anda telah mengajarkannya mengenal puasa sejak dalam kandungan. Kelak jika ia dewasa maka insyaAllah akan mencintai ibadah puasa.

4. Mendidik kesabaran 
Puasa Ramadhan juga mengajarkan pada janin untuk senantiasa bersabar. Jangan khawatir untuk nutrisi yang tersalur pada janin, karena semua telah dijamin oleh Allah. Dengan berpuasa saat hamil maka kebaikan untuk janin juga akan dilipat gandakan. 

5. Lebih sehat dan lebih optimis
Puasa saat hamil di bulan Ramadhan menjadikan ibu hamil semakin sehat dan juga optimis. Dengam berbekal niat yang kuat untuk menjalankan ibadah puasa bersama janin maka anda akan semakin positif dalam menjalani kehidupan. Satu hari anda lalui dengan lancar maka hari-hari berikutnya selama sebulan full juga akan lancar. Berbanggalah anda karena dapat berpuasa selama satu bulan full tanpa terganggu oleh haid. Ingat jangan ragu sedikitpun, karena keraguan hanya akan menimbulkan masalah bagi anda sendiri. 

Begitulah manfaat yang tentunya semua adalah kebaikan jika anda menjalani puasa saat hamil. Untuk kelancaran puasa anda, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi referensi anda dalam menjalani puasa selama bulan Ramadhan.


Saat sahur
Puasa ramadhan harus anda jalani dengan smart dalam memilih makanan. Pada saat sahur pilihlah makanan yang mengandung protein dan lemak yang cukup untuk menutrisi anda dan janin. Tidak perlu takaran khusus, karena yang diperlukan adalah keyakinan anda. Caranya dengan  mengetahui kebutuhan anda dan janin. Bayangkan saja bahwa sahur anda akan memenuhi kebutuhan anda dan janin sampai tiba waktunya berbuka.

Selain makanan yang mengandung protein maka anda juga harus memenuhi kebutuhan sayur dan buah. Sayur saat sahur akan menjaga anda selama seharian. Bahwa banyak kebaikan dalam sayur. Selanjutnya adalah buah segar. Buah juga harus menjadi kebutuhan wajib yang harus anda penuhi agar anda tetap fresh. Jangan lupa untuk mengkonsumsi kurma, karena kurma adalah buah kebaikan maka akan menjaga anda dan janin dalam kebaikan pula.

 Berikutnya susu atau madu hangat. Pastikan kebutuhan janin terpenuhi dan selanjutnya adalah memperbanyak air mineral. Makan tidak perlu terlalu kenyang karena hanya akan membuat anda cepat lapar. Anda punya batasan normal untuk ukuran makanan anda. awali dan akhiri sahur dengan minum air mineral. 

Saat Berpuasa
Anda harus menjalani puasa dengan niat yang kuat. Ibadah, mengajarkan ibadah pada janin itu adalah niat utama. Jika kuat niatnya maka anda juga akan kuat dalam menjalani puasa. Ingat bahwa berpuasa Ramadhan saat hamil adalah keberkahan sendiri bagi anda maka anda akan menjalani puasa dengan riang dan ikhlas.

 Ukur kemampuan anda sendiri. Dalam berpuasa anda harus bisa menjaga fisik dan mental anda, salah satunya adalah dengan istirahat yang cukup. Jangan sekalipun mengeluh, ingat dalam kandungan anda ada janin yang setia bersama anda. Tunjukkan padanya bahwa anda adalah ibu yang luar biasa dan bisa menjadi teladannya. Biarkan ia bangga berada dalam rahim anda. 

Perbanyaklah doa dan membaca Al-Qur’an. Berdoa saat bulan Ramadhan akan mendatangkan banyak kebaikan bagi anda dan janin. Membaca Al-Qur’an akan menenangkan anda dan janin. Maka jalani puasa Ramadhan ini dengan banyak beribadah. 

Saat Berbuka Puasa
 Saat berbuka untuk ibu hamil sama saja dengan yang lainnya. Bahwa penuhi adap berbuka yaitu dengan yang manis dan hangat dalam takaran yang wajar. Ingat jangan rakus saat berbuka. Lakukan semuanya dengan baik. Kemudian sebelum makan perbanyaklah air mineral untuk mengganti ion tubuh selama seharian berpuasa. 

Berbukalah sesuai dengan kapasitas anda. Dan jalani hari-hari anda dengan banyak bersyukur karena syukur akan mengatkan anda dalam menjalani ibadah puasa. Hari anda akan berlangsung sesuai dengan prasangka anda, maka berprasangka baiklah.

No comments